Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Z Konsumen Shopee Food di Ungaran
Abstract
In the era of advancing technology, industries have entered the digital revolution phase in Indonesia. With the rapid development of information and communication technology, Indonesian society is required to adapt to this era of progress. Globalization has had a significant impact on social, political, and economic structures worldwide, affecting the social, governmental, and business sectors. The impact is particularly evident in the economic sector. The current technological advancements have led to shifts in various fields, including the economy, resulting in more intense marketing competition among companies. This study aims to determine the influence of sales promotions and electronic word of mouth (e-WOM) on impulsive buying behavior among Generation Z consumers of Shopee Food in Ungaran. This research is quantitative in nature, utilizing primary data. The population of this study comprises Generation Z users of the Shopee Food marketplace in Ungaran, with a sample size of 104 respondents. Data were collected using a questionnaire and analyzed using multiple linear regression with SPSS software. The results of the study indicate that sales promotions have a significant effect on impulsive buying behavior among Generation Z consumers of Shopee Food in Ungaran. Additionally, e-WOM also has a significant effect on impulsive buying behavior among Generation Z consumers of Shopee Food in Ungaran.
Abstrak
Pada era teknologi yang semakin maju, industri telah memasuki era revolusi digital di masyarakat Indonesia. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat, masyarakat Indonesia dituntut untuk dapat beradaptasi dengan era kemajuan ini. Globalisasi memberikan dampak besar terhadap tatanan dunia sosial, politik, dan ekonomi, baik di sektor sosial, pemerintahan, maupun bisnis. Pengaruh yang timbul sangat jelas terlihat pada sektor ekonomi. Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan adanya peralihan dalam berbagai bidang termasuk ekonomi yang mengakibatkan persaingan pemasaran perusahaan menjadi lebih ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap pembelian impulsif pada Generasi Z konsumen Shopee Food di Ungaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah Generasi Z pengguna marketplace Shopee Food di Ungaran dengan sampel sebanyak 104 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif oleh Generasi Z pengguna Shopee Food di Ungaran. Selain itu, E-WOM juga berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif oleh Generasi Z pengguna Shopee Food di Ungaran.
References
Alwendi, A. (2020) “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” Manajemen Bisnis, 17(3), hal. 317–325. Tersedia pada: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/.
Amin, N.F., Garancang, S. dan Abunawas, K. (2023) “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” Jurnal Pilar, 14(1), hal. 15–31.
Anisa, N.A. dan Widjatmiko, A.G. (2020) “Electronic Word of Mouth (E-Wom) , Celebrity Endorsement Dan Gaya Hidup Pada Minat Beli Produk Online Shop,” Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), hal. 1514–1522. Tersedia pada: https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i10.480.
Atmaja, D.R. dan Edison, A. (2022) “Anteseden Pembelian Impulsif Di Pasar Ritel Modern : Pembelajaran Dari Indonesia,” Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), hal. 119. Tersedia pada: https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.553.
Dewi, N.P.A.S.K. dan Jatra, I.M. (2021) “Pengaruh Promosi Penjualan, Visual Merchandising, Atmosfer Gerai Terhadap Pembelian Impulsif Di Matahari Duta Plaza Denpasar,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(04), hal. 173. Tersedia pada: https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i04.p01.
Fairuz Herdiana, A., Pembangunan Nasional, U. dan Timur, J. (2023) “The Influence Of E-WOM and Discounts on Impulse Buying Behavior Pengaruh E-WOM dan Potongan Harga Terhadap Perilaku Impulse Buying,” Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), hal. 3043–3048. Tersedia pada: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.
Fauziah, S. dan Rahmidani, R. (2021) “Pengaruh Promosi Penjualan dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Produk Fashion,” Jurnal Ecogen, 4(1), hal. 81. Tersedia pada: https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11046.
Firmansyah, D. dan Dede (2022) “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), hal. 85–114. Tersedia pada: https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.
Ihsan, B.W., Abidin, Z. dan Kuleh, J. (2022) “The Effect of Electronic Word of Mouth Communication and Website Quality on Purchase Decisions through Trust as a Mediation Variable at Ruparupa.Com in Samarinda,” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(2), hal. 12776–12785. Tersedia pada: https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/5119.
Manajemen, J., Bisnis, D.A.N. dan No, V.O.L. (2019) “Impulsif Secara Online ( Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa ),” 2(1).
Martowinangun, K., Sri Lestari, D.J. dan Karyadi, K. (2019) “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung,” Jurnal Co Management, 2(1), hal. 139–152. Tersedia pada: https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162.
Meria Christina Noviolita, Puji Isyanto dan Asep Darojatul Romli (2020) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Tokopedia Menggunakan Analisis Diskriminan (Studi Konsumen Generasi Y dan Z Pada Masa Pandemi COVID-19),” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), hal. 23–40. Tersedia pada: https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1187.
Padmawati, N.M. dan Suasana, I.G.A.K.G. (2020) “Peran Kepercayaan Merek Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime Di Bali,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), hal. 2621. Tersedia pada: https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p08.
Pratikto, R.G. dan Kristanty, S. (2018) “Literasi Media Digital Generasi Z (Studi Kasus Pada Remaja Social Networking Addiction Di Jakarta),” Communication, 9(2), hal. 19. Tersedia pada: https://doi.org/10.36080/comm.v9i2.715.
Putra, B.N.K. dan Vipraprastha, T. (2022) “Personal Branding, Social Media Marketing, Dan Word of Mouth Dalam Meningkatkan Buying Decision Pada Konsumen E-Commerce Shopee,” Modus, 34(1), hal. 75–84. Tersedia pada: https://doi.org/10.24002/modus.v34i1.5061.
Putri, A.E.N. dan Handayani, T. (2021) “Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Generasi Milenial Di Kecamatan Johar Baru,” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 8(2), hal. 35–43. Tersedia pada: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12479.
Tahun, M.G. (2023) “Pengaruh Celebrity Endorsers , Promosi Penjualan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan,” 2(10), hal. 3033–3042.
Tanriady, I. dan Septina, F. (2022) “Pengaruh E-Wom dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying Produk Fashion di Shopee pada Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya,” JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 5(1), hal. 1. Tersedia pada: https://doi.org/10.35914/jemma.v5i1.800.
Wiranata, A.T. dan Hananto, A. (2020) “Do Website Quality, Fashion Consciousness, and Sales Promotion Increase Impulse Buying Behavior of E-Commerce Buyers?,” Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), hal. 74–85. Tersedia pada: https://doi.org/10.17358/ijbe.6.1.74.
Wulandari, N. dan Sholihin, H. (2019) “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kiniko Coffee Shop Kiniko,” Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), hal. 58–66.
Zickuhr, B.K.M. (2016) “Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif,” (June), hal. 7–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (JEMA) Universitas Ngudi Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This license lets others distribute, remix, adapt, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation. This is the most accommodating of licenses offered. Recommended for maximum dissemination and use of licensed materials.